TEKNOLOGI PENDIDIKAN

NAMA  MAHASISWA  : IVALDO RIVERA, S.Pd, M.Pd
NIM                                : P2A118001
PRODI                            : MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS                    : PROGRAM PASCASARJANA
KAMPUS                       : UNIVERSITAS JAMBI





                    Teknologi pembelajaran merupakan salah satu bidang garapan yang tidak digarap oleh bidang lain. Penggarapan ditopang oleh sejumlah teori, model, konsep, dari bidang dan disiplin lain. Secara teorititis maupun profesional, teknologi pembelajaran menggarap tentang bagaimana manusia dapat belajar dengan mudah, bahkan masalah-masalah yang secara teknologis dihadapi dapat dipecahkan. Teknologi pembelajaran merupakan disiplin ilmu yang tidak bisa berdiri sendiri, seperti yang telah diungkapkan, teknologi pembelajaran saling mendukung dengan disiplin ilmu yang lain. Berdasarkan atas konsep di atas, maka AECT (1997: 3) merumuskan devinisi teknologi pembelajaran sebagai berikut: Instructional technology is a complex, integrated process involving people, procedures, ideas, devices, and organization for analyzing programs, and devising, implementing, evaluating, and managing solutions to those problems, in situation which learning is purposive and controlled. Definisi di atas menjelaskan bahwa secara garis besar Teknologi Pembelajaran membicarakan tentang teori dan praktek dalam lima domain penting, yang di kenal dengan kawasan teknologi pembelajaran.
 
Lima kawasan ini menjadi bidang garap bagi teknologi pembelajaran. Kawasan tersebut meliputi: a. Kawasan desain membidangi bagaimana secara teori maupun praktek suatu proses dan sumber belajar didesain. 
b. Kawasan pengembangan membidangi bagaimana secara teori dan praktek suatu proses dan sumber belajar dikembangkan. 
c. Kawasan pemanfaatan membidangi bagaimana secara teori dan praktek suatu proses dan sumber belajar dimanfaatkan untuk kepentingan belajar. 
d. Kawasan Pengelolaan merupakan kesatuan integral dalam teknologi pembelajaran dan dalam peranan yang dimainkan oleh teknolog pembelajaran. 

Teori dan Praktek Teori terdiri dari konsep, pembangunan (konstruk), prinsip, dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap khasanah ilmu pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan masalah. Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian Kawasan desain merupakan sumbangan terbesar dari teknologi pembelajaran untuk bidang pendidikan yang lebih luas. Kawasan pengembangan telah menjadi matang dan memberikan sumbangan terbesar untuk praktek. Sebaliknya kawasan pemanfaatan secara teoritis maupun praktis masih belum berkembang dengan baik, karena masih kurang mendapatkan perhatian. Kawasan pengelolaan selalu ada dalam bidang karena sumber yang menunjang untuk berlangsungnya tiap fungsi harus diorganisasikan dan dikelola. Sedangkan kawasan penilaian masih menggantungkan diri pada bidang lain. Proses dan Sumber Proses adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Sedangkan yang dimaksud denagn sumber adalah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Untuk belajar Tujuan teknologi pendidikan adalah untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Belajar menyangkut adanya perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan atau perilaku seseorang karena pengalaman. Kompetensi Umum Sarjana TP  Merancang, memproduksi, memanfaatkan aneka proses dan sumber untuk belajar  Mengembangkan program pembelajaran dalam lingkup lembaga pendidikan, pelatihan dan pengembangan SDM  Mengevaluasi efektivitas dan efisiensi sumber belajar dan proses pembelajaran  Mengelola sistem pemanfaatan sumber belajar  Melakukan pembaharuan dalam lingkup pengabdiannya Pemanfaatan Potensi TP  Penyediaan tenaga profesi (melalui pendidikan dan lembaga profesi)  Konsep isomerik (multi disiplin, eklektik dan menggunakan bahasa masyarakat)  Konsep sistematik (teratur, terarah, terkendali, terkoordinasi, terbuka untuk perbaikan)  Sistematik  Inovatif Sumber: Diadopsi dari buku AECT. (1997). The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational Communications and Technology (AECT). (All) 

Apa itu jurusan Teknologi Pendidikan?

Jadi Teknologi pendidikan adalah upaya untuk memudahkan orang untuk belajar dalam kondisi apapun. Mau dalam keadaan terbatas maupun ketika fasilitas berlimpah, pembelajaran harus tetap bermakna.

Kuliahnya belajar apa aja sih kak?

Mata kuliah yang kita pelajari di kampus bervariatif. Karena Teknologi Pendidikan merupakan keilmuan terapan, di dalamnya terdapat ilmu psikologi, pedagogik, ilmu komunkasi, manajemen, ilmu komputer, fotografi dan ilmu desain dasar.

Nah keilmuan tersebut nanti dijadikan pengetahuan dasar untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran.

Salah satu contoh mata kuliah yang menarik bagi mahasiswa adalah fotografi, media grafis, juga pengetahuan dasar tentang kurikulum dipelajari disini.

Nanti setelah lulus prospek kerja nya gimana kak?

Sebelum ke prospek kerja, saya mau menjelaskan kompetensi yang kita bisa, setelah belajar di Teknologi Pendidikan. Berikut beberapa keahlian yang bisa kamu dapatkan selama kuliah di jurusan Teknologi Pendidikan

  1. Bisa membuat animasi 2d dasar
  2. Bisa membuat animasi 3d dasar
  3. Bisa fotografi
  4. Bisa videografi
  5. Editing foto & video
  6. Membuat media pembelajaran berbasis flash (sekarang adobe animate cc)
  7. Merancang e-learning
  8. Merancang website
  9. Merancang kurikulum diklat (mikro)
  10. Menganalisis kurikulum
  11. Mengerti metode belajar yang baik
  12. Mengerti media yang seharusnya digunakan untuk karakteristik mata pelajaran
  13. Pemrograman dasar (konstrasi TIK)
  14. Belajar Learning Manajament System (LMS)
  15. Dan lain-lain

Dengan kompetensi keahlian seperti diatas, sebetulnya kita bisa bekerja dimana saja selama kita punya kompetensi yang berkaitan. Atau membuka lowongan pekerjaan. Dan yang masuk lulusan teknologi pendidikan belum tentu mempunyai keahlian sebanyak itu dengan mahir. Namun peluang untuk mengembangkan kompetensi di atas cukup luas. Setiap mahasiswa punya kecenderungannya masing-masing. Tergantung kesenangan.

Berikut ini beberapa lembaga yang linear dengan keilmuan Teknologi Pendidikan:

  1. Pustekom
  2. SEAMOLEC
  3. PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) di setiap sekolah. (Sampai sekarang peluang ini belum menjadi kebijakan pemerintah, masih dalam tahap draft dan pengujian*)
  4. Guru TIK (Dengan kebijakan kurikukum 2013 yang meleburkan mata kuliah TIK, kesempatan ini menjadi berkurang, namun di beberapa daerah bisa mengajar sebagai guru SMK jurusan Broadcasting, Multimedia)
  5. Lembaga pelatihan di dinas-dinas negeri, BUMN, maupun swasta, membutuhkan pengembang kurikulum untuk program pelatihan mereka.
  6. Guru SMK Jurusan Multimedia
  7. Guru SMA Mata Pelajaran Prakarya
  8. Startup di bidang EdTech (Quipper, Zenius, Ruangguru, etc)

Dalam keterbatasan pengetahuan ini, sebetulnya masih banyak namun saya filter karena datanya simpang siur. Mungkin nanti ada yang lebih tahu dan bisa menambahkan. Terutama yang sudah terjun langsung ke lapangan.


Mata Kuliah S1 Teknologi Pendidikan

* = Mata Kuliah Pilihan

Mata KuliahSKS
Pendidikan Agama Islam2
Pendidikan Pancasila2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Ilmu Alamiah Dasar (IAD)2
Bahasa Indonesia2
Pendidikan Jasmani & Olahraga2
Pengantar Ilmu Pendidikan4
Teori Pembelajaran2
Psikologi Umum2
Psikologi Pendidikan2
Dasar-dasar Manajemen Pendidikan2
Pengantar Filsafat Pendidikan2
Filsafat Ilmu2
Antropologi Sosiologi2
Ortopedagogik2
Pengantar Teknologi Pendidikan2
Pengantar Media Pembelajaran2
Pengantar Komunikasi2
Teknologi Komunikasi Pendidikan2
Pengel. Sumber Daya Pembelajaran2
Pengemb. Sumber Daya Manusia2
Teori Belajar2
Desain Pesan2
Apresiasi Film dan Televisi2
Inovasi Pendidikan dan Difusi2
Evaluasi Prog.Media Pembelajaran2
Evaluasi Program Pend/Pelatihan2
Teori dan Pemikiran Sistem*2
Mata KuliahSKS
Pengantar Kurikulum2
Evaluasi & Pengembangan Kurikulum4
Pengembangan Sistem Pembelajaran4
Evaluasi & Remidiasi Hasil Belajar4
Strategi Pembelajaran4
Pembelajaran Mandiri & Modul2
TIK 1 (e learning)2
TIK 2 (Pengemb. Tek. Sistem Informasi)4
Pemilihan, Pemanfaatan & Perawatan Media4
Pengembangan Media 3 Dimensi4
Pengembangan Media Grafis4
Pengembangan Media Foto4
Pengembangan Media Audio/Radio4
Pengembangan Media Komputer4
Pengembangan Media Video/Televisi4
PPL I (SIMIC)2
PPL II (Sekolah/Diklat)2
Aplikasi Komputer2
Dasar-dasar Animasi2
Statistik Pendidikan4
Metodologi Penelitian4
Seminar Kemasalahan TP2
Bahasa Inggris2
Bahasa Inggris Aplikasi TP2
Kewirausahaan2
Skripsi6
KKN/KKNU*2
Praktik Kerja Lapangan/Magang*2




Mata Kuliah Teknologi Pendidikan S 2


  1. Kompetensi Umum

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 501

Filsafat Ilmu I

3

PPs 502

Metodologi Penelitian

3

PPs 503

Statistika

3

 

  1. Kompetensi Utama

KODE

MATA KULIAH

SKS

TP 501

Landasan Teknologi Pendidikan

3

TP 502

Disain Pembelajaran

3

TP 503

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar

3

TP 504

Teknologi Kinerja

3

TP 505

Pengembangan Sumber Belajar dan Media Belajar

3

TP 506

Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan

3

PPs 599

Tesis

6

 

  1. Kompetensi Pendukung

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 504

Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan

3

PPs 505

Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan

3

 

  1. Matrikulasi

KODE

MATA KULIAH

SKS

PPs 401

Landasan Ilmu Pendidikan*

3

PPs 402

Psikologi Pendidikan*

3

TP 401

Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran**

3

*   Mata Kuliah Matrikulasi Pendidikan

** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi

 


BINGUNG MAU KULIAH DI MANA?
ATAU MASIH BINGUNG MAU AMBIL JURUSAN APA?


AMBIL JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN AJA, GUYS...........
HEHEHEHE...............................




Sumber: 
Diadopsi dari buku AECT. (1997). The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational Communications and Technology (AECT). (All)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifisial Inteligen dan Iot untuk Pembelajaran

Cognitive Theory of Multimedia Learning